Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Definisi Karakter


Pengertian dan Definisi Karakter

Tugaskuliah15 - Kali ini saya akan mengulas mengenai Pengertian dan Definisi Karakter. Pertama kita akan membahas tentang pengertian dari karakter. Kata-kata karakter sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, bagi sebagian orang masih bertanya-tanya, Apa itu karakter?? Karakter menurut bahasa adalah tabiat atau kebiasaan. Sedangkan menurut ahli psikologi, karakter adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu, karena itu jika pengetahuan mengenai  karakter seseorang itu dapat diketahui, maka dapat diketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap untuk kondisi-kondisi tertentu. 


Dilihat dari sudut pengertian, ternyata karakter dan ahlak tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya didefinisikan sebagai suatu tindakan yang terjadi tanpa ada lagi pemikiran lagi karena sudah tertanam dalam pikiran, dan dengan kata lain, keduanya dapat disebut dengan kebiasaan. 

Karakter dalam bahasa latin disebut dengan “character” yang bermakna instrument of marking, dalam bahasa yunani disebut dengan “to mark” yang bermakna menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, dalam bahasa perancis disebut dengan “charessein” yang bermakna mengukir, dan dalam bahasa indonesia di sebut dengan “watak” yang bermakna sifat pembawaan yang memengaruhi tingkah laku, budi pekerti, tabiat, dan peringai.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian lengkap dari karakter, sekarang kita mengulas mengetai definisi dari karakter tersebut. Berikut adalah definisi karakter yang diungkapkan oleh beberapa pakar:
1.    Menurut Doni Kusuma, karakter adalah ciri, karakteristik, gaya ataupun sifat diri dari seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungannya.
2.    Menurut Maxwell, karakter yang lebih baik dari sekedar perkataan, melainkan sebuah pilihan yang membawanya pada kesuksesan
3.    Menurut W.B Saunders, karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukan oleh individu, sejumlah atribut yang dapat diamati pada individu.
4.    Menurut Wyne, karakter adalah menandai bagaimana cara memfokuskan pengaplikasian nilai kebaikan dalam bentuk tindakan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku.
5.    Menurut Golo W, karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang, biasanya mempunyai kaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap
6.    Menurut Alwisol, karakter adalah penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara eksiplisit maupun implisit. Karakter berbeda dengan kepribadian karena pengertian kepribadian dibebaskan dari nilai
7.    Menurut Kamisa, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, ahlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Berkarakter artinya mempunyai watak dan mempunyai kepribadian.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian dan Definisi Karakter, semoga bermanfaat bagi kita semua. Wassalam.

Post a Comment for "Pengertian dan Definisi Karakter"