Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Kimia kelas XII Tentang Sifat Koligatif Larutan

 Contoh RPP Kimia kelas XII Tentang sifat Koligatif Larutan- Sebelum kita masuk pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kita harus pahami terlebih dahulu apa itu Sifat koligatif larutan.? Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang tidak bergantung pada jenis zat terlarut tetapi hanya bergantung pada konsentrasi partikel zat terlarutnya. Sifat koligatif larutan terdiri dari dua jenis, yaitu sifat koligatif larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan nonelektrolit.Untuk lebih memudahkan pemahaman anda, saya akan menceritakan salah satu fenomena dari empat sifat kalogatif larutan.
Orang-orang biasa menambahkan garam saat memasak kentang, dengan tujuan agar kentang lebih cepat masak daripada hanya di masak di dalam air. Ternyata cara ini benar-benar efektif silahkan coba sendiri di rumah, bandingkan memasak kentang dengan air biasa dan dengan air garam. Nah, pasti ada jawaban ilmiah dari peristiwa ini, dan jawabannya adalah suhu air garam lebih tinggi dari suhu air saat didihkan sehingga mendorong kentang masak lebih cepat.
Peningkatan suhu dari air garam tersebut karena adanya kenaikan titik didih datau dengan kata lain titik didih air garam lebih tinggi dari air murni yang kita tahu hanya mencapai suhu 100*C. Ketika suhu air sudah mencapai 100*C maka molekul air akan berubah menjadi uap sehingga suhunya bertahan di 100*C. Sementara dengan penambahan garam, air tidak akan menguap walaupun sudah 100*C namun menguap berdasarkan titik didih yang baru.
 
Dari fenomena tersebut, saya rasa sudah paham mengenai sifat dari koligatif larutan. Nah untuk kamu yang mau mengerjakan tugas RPP Kimia, dibawah ini saya melampirkan Contoh RPP Kimia kelas XII Tentang Sifat Koligatif Larutan. Untuk lebih jelasnya langsung simak aja.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                               Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 4Palopo
                                               Mata Pelajaran           : KIMIA
                                               Kelas/ Semester         : XII / 1
                                               Alokasi Waktu           : 8 x 45 menit
A.                STANDAR KOMPETENSI           
Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan lelektrolit.
B.                 KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan.
C.                INDIKATOR
1.    Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol)
2.    Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit
3.    Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
4.    Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan.
5.    Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan.
6.    Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan.
7.    Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan.
8.    Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan.
9.    Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan.
10.                   Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya
11.                   Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit.
D.                TUJUAN PEMBELAJARAN
·      Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol) dengan teliti
·      Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit
·      Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
·      Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan dengan teliti.
·      Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan dengan teliti
·      Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan dengan teliti
·      Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan dengan teliti
·      Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan dengan teliti
·      Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan dengan teliti dan penuh rasa ingin tahu
·      Munggunakan bahasa yang komunikatif untuk menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya
·      Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit dengan teliti

E.                 MATERI AJAR
1.    Satuan Konsentrasi Larutan
2.    Sifat Koligatif Larutan Non Elektrolit dan Elektrolit.
·      Penurunan Tekanan Uap
·      Kenaikan Titik Didih
·      Penurunan Titik Beku
·      Tekanan Osmotik

F.                 MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model    : STAD ( Pert. 1, 2 dan 3 )
Metode  : Demonstrasi Eksperimen Problem solving Diskusi
G.                SUMBER/MEDIA PEMBELAJARAN
·      LKS SMA No. 01 Satuan Konsentrasi
·      LKS SMA No. 02 Menentukan Harga Perubahan Sifat Koligatif Larutan
·      Kunci LKS SMA No. 01 Satuan Konsentrasi
·      Kunci LKS SMA No. 02 Menentukan Harga
·      Perubahan Sifat Koligatif Larutan
·      Lembar Pengamatan Karater
·      Silabus
·      Modul Sifat Koligatif Larutan.

H.                KEGIATAN PEMBELAJARAN ATAU SKENARIO PEMBELAJARAN
Pertemuan 1: Kegiatan Waktu
A.  Pendahuluan (5 Menit)
Fase 1 STAD ( Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)
1.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang meliputi produk, proses, dan keterampilan sosial.
2.    Memotivasi dengan cara menanyakan kepada siswa “Beberapa satuan\ konsentrasi yang digunakan untuk suatu larutan”
B.  Inti Kegiatan (75 menit)
Kegiatan eksplorasi
Fase 2 STAD ( Menyajikan informasi)
1.    Guru menjelaskan tentang satuan konsentrasi yang digunakan untuk menentukan perubahan sifat koligatif larutan.
2.    Guru menjelaskan tentang cara menerapkan formula dalam menentukan satuan konsentrasi fraksi mol, molalitas, dan molaritas.
3.    Guru menunjukkan cara menyelesaikan soal yang berhubungan dengan satuan konsentrasi fraksi mol, molalitas, dan molaitas.
Fase 3 STAD (Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok)
1.    Guru mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang keanggotaannya heterogen.
2.    Guru membagikan LKS 01 kepada setiap siswa yang berisi soal-soal latihan dan tugas tentang satuan konsentrasi fraksi mol, molalitas, dan molaritas.
3.    Guru meminta setiap kelompok untuk bekerja sesuai dengan petunjuk yang ada pada LKS 01.
Kegiatan elaborasi
Fase 4 STAD (Membimbing kelompok bekerja )
1.    Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam melakukan praktik
2.    Guru membimbing kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan LKS 01
3.    Guru memberikan isyarat kepada seluruh kelompok untuk mengumpulkan hasil kerjanya yang telah ditulis dalam LKS 01
Fase 5 STAD (Evaluasi)
·      Guru mengevaluasi hasil kerja kelompok yang telah dikumpulkan
·      Guru meminta salah satu kelompok untuk menyajikan hasil karjanya dengan cara mengacak.
·      Guru mengarahkan diskusi yang dilakukan oleh siswa dimana kelompok yang tidak tampil menanggapi presentasi kelompok yang ditunjuk.
Fase 6 STAD (Memberikan penghargaan)
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang telah tampil menyajikan hasil  kerjanya serta siswa- siswa yang aktif selama berdiskusi.
C.  Penutup (5 menit)
1.    Guru bersama siswa membuat kesimpulandari hasil diskusi
2.    Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya tentang jalannya diskusi selama pembelajaran berlangsung.
Karakter yang diharapkan mengunakan bahasa yang komunikatif, rasa ingin tahu, teliti, tanggung jawab dan menghargai pendapat orang lain.

I.                   MEDIA  PEMBELAJARAN 
Media pembelajaran
-       Papan tulis
-       Spidol
-       Penghapus
-       Alat  peraga

Nah, itulah tadi paparan mengenai Contoh RPP Kimia kelas XII Tentang Sifat Koligatif Larutan disertai dengan pengertian dan fenomenanya dikehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalam.

Post a Comment for "Contoh RPP Kimia kelas XII Tentang Sifat Koligatif Larutan"